Selasa, 05 Juni 2012

pengenalan


Pengenalan Beberapa Media
A.    Media hasil teknologi cetak adalah
       cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis ataufotografis.kelompok media hasil teknologi cetak meliputi teks, grafik, foto atau representasi fotografik dan reproduksi. Materi cetrak dan visual merupakan dasar pengembangan dan penggunaan kebanyakan materi pembalajaran lainnya.
       Teknologi ini mengahasilkan materi dalam bentuk salinan tercetak. Dua komponen pokok teknologi ini adalah materi teks verbal dan materi visual yang di kembangkan berdasarkan teori yang berkaitan dengan represi visual, membaca, memproses informasi, dan teori belajar.

Teknologi cetak memiliki ciri – ciri berikut :

1.      Teks di baca linier, sedangkan visual di amati berdasarkan ruang ;
Contoh:
 meteri yang di jelaskan pada kelompok penyaji kepada audien sehingga dapat di mengerti dari penjelasan berikut.
2.      Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif;
Comtoh :
Seorang guru menjelaska suatu materi kepada murit secara langsung
3.      Teks dan visual di tampilkan statis atau diam;
4.      Pengembangan nya sangat tergantung kepada prinsip – prinsip kebahasaan dan persepsi visual;
5.      Baik teks maupun visual berorientasi ( berpusat ) pada siswa;
Contoh :
Teks yang digunakan harus menggunakan bahasa yang baik dan benar
6.      Informasi dapat di atur kembali atau di tata ulang oleh pemakai.
Contoh   penerapan dalam keseharian teknologi cetak adalah        
            seprti buku-buku yang di gunakan oleh seorang guru untuk menjelaskan kepada siswnya.  Media cetak ini di gunakan oleh siswa untuk mencari suatu informasi di dalam buku maupun Koran, majalah dan lainnya karana media berbasis cetak ini mudah ( sering ) di jumpai dalam kehidupan sehari – hari dan mudah di dapat kapanpun dan di manapun.
B.       Media hasil teknologi audio – visual.adalah
       cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin – mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan – pesan audio dan visual. Pengajaran melalui audio -  visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor film , tape recorder, dan proyektor visual yang lebar.
Jadi, pengajaran melalui audio visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung pada pemahaman kata atau simbol – simbol yang serupa.
Cirri – cirri utama teknologi media audio – visual adalah sebagai berikut :
1.      Merka biasanya bersifat linier:;
2.      Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis;
3.      Mereka digunakan dengan cara yang telah di teapkan sebelumnya oleh perancang / pembuatnya;
Contoh :
Film yang digunakan televisi itu sebelumnya dirancang oleh sipembuat film tersebut agar film tersebut dapat berjalan dengan skenario – scenario yang diinginkan.
4.      Mereka merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak;
Contoh :
Gagasan yang tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan oleh indra perasa seperti kulit.
5.      Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif;
6.      Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah;
 Contoh   penerapan dalam keseharian teknologi audio - visual adalah             Dengan menggunakan mesin proyektor ketika seorang guru menjelaskan atau mengajak seorang muridnya supaya tertarik dan dapat mengetahui sifat – sifat dari murid tersebut dengan mengajak atau menjelaskan video yang sedih ataupun yang menjelaskan semangat untuk belajar.dari situlah guru dapat mengetahui dari sifat – sifat muridnya ketika sedang di hadapkan suatu hal-hal.
C.      Media hasil teknologi berbasis computer adalah
      Merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber – sumber yang berbasis mikro-prosesor.perbedaan antara media yang di hasilkan oleh teknologi berbasis computer dengan yang di hasilkan dari dua teknologilainya adalah karena informasi atau materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakaan atau visual.        Pada dasarnya teknologi berbasis computer menggunakan layar kaca untuk  menyajikan informas kepada siswa. berbagai jenis aplikasi teknologi berbasis computer dalam pembelajara umumnya dikenal sebagai pembelajaran dengan bantuan computer. Aplikasi tersebut apabila dapat dilihat dari cara penyajian meliputi tutorial, permainan dan simulasi dan basis data
Beberapa ciri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer ( baik perangkat keras maupun perangkat lunak ). Adalah sebagai berikut :
1.      Mereka dapat digunakan secara acak, non-sekuensial,atau secara linier;
Contoh:
Data yang di berikan atau di terangkan tidak berurutan.
2.      Mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarka keinginan perancang / pengembang sebagaimana direncanakannya;
Contoh:
Dalam proses belejar pembelajaran geru menjelaskan suatu materi berdasarkan keinginannya sendiri dengan menggunakan computer.
3.      Biasanya gagasan – gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata,symbol,dan grafik;
Contoh:
Dengan menggunakan slide sehingga suatu materi bisa di sajikan dengan symbol – symbol yang diinginkan.
4.      Prinsip – prinsip ilmu kognitif untuk mengembangka media ini;
5.      Pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi.
Contoh penerapan dalam keseharian teknologi berbasis computer adalah:
            Misalkan seorang guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang banyak maka guru tersebut dapat membentuk kelompok – kelompok dalam kelas kemudian membagi setiap materi kepada masing – masing kelompok kemudian kelompok tersebut menerangkan kepada audien dengan menggunakan computer dengan cara membuat power poin sehingga dapat menimbulkan efek – efek positif kepada siswa.seperti semangat untuk memperhatikan suatu materi yang disampaikan .
D.      Media hasil teknologi gabungan adalah
      Cara untuk menghasilkan cara untuk menghasilkan dan menyampaikan mater yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang di kendalikana oleh computer.

      Paduan beberapa jenis teknologi ini di anggab teknik yang paling canggih apabila dikendalikan oleh computer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random acces memory yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang berevaluasitinggi ditambah dengan periparel alat – alat tambahan seperti video disc player, perangkat keras untuk  bergabung dalam suatu jaringan, dan sistem audio.

Beberapa cirri utama tecnologi berbasis computer adalah sebagai berikut :
1.      Ia dapat digunakan secara acak, sekuensian, secara linier;
2.      Ia dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa,bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya;
3.      Gagasan – gagasan sering disajikan secara realitik dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan siswa, dan dibawah kendali siswa;
4.      Prinsip ilmu kognitif dan konteruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran;
5.      Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran di gunakan;
6.      Bahan – bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa;
7.      Bahan – bahan pelajara memadukan kata dan visual dari berbagai sumber;
Contoh penerapan keseharian teknologi gabungan:
            Gabungan dari beberapa media seperti: media cetak, media audio, dan media computer seperti buku, film video, dan computer yang ketiga – tiga media tersebut yang akan digabungkan dalam satu media yaitu computer.                                                Dalam keseharian khusus untuk mahasiswa akan dibentuk suatu kelompok – kelompok kecil dalam kelas kemudian kelompok tersebut menjelaskan kepada kelompok – kelompok lain sehingga kelompok penyaji akan mencari tugas tersebut dan membuat untuk mempresentasikan didepan kelas.                                                Untuk penyampaian tersebut tidakla mudah siswatersebut harus mencari materi – materi yang telah di tugaskan guru, materi tersebut didapat dari berbagai media cetak seperti; buku- buku non fiksi, internet seperti; download makalah dari google ataupun blog – blog orang.dan untuk menampilkan nya lebih menarik siswa tersebut mencari berbagai video yang berkaitan dengan meteri yang disampaikan seperti; bangun ruang tabung bisa dimasukan video seperti tabung sehingga lebih menarik, setelah mendapatkan semua media tersebut gigabungkan dalam program computer dan disampaikan dalam kelas. 
Kesimpulan:
Dari ke empat media berdasarkan perkembangan teknologi tersebut seperti : Media hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio – visual, media dari hasil teknologi yang berdasarkan computer, dan media hasil gabungan teknologi cetak dan computer. Ke empat media ini sangat berkaitan satu sama lain tetapi yang di anggab media yang  paling canggih adalah media hasil gabungan karena mencakup dari seluruh media – media yang ada.











DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar