Pengenalan Beberapa Media
A.
Media
hasil teknologi cetak adalah
cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui
proses pencetakan mekanis ataufotografis.kelompok media hasil teknologi cetak meliputi
teks, grafik, foto atau representasi fotografik dan reproduksi. Materi cetrak
dan visual merupakan dasar pengembangan dan penggunaan kebanyakan materi
pembalajaran lainnya.
Teknologi ini mengahasilkan materi dalam
bentuk salinan tercetak. Dua komponen pokok teknologi ini adalah materi teks
verbal dan materi visual yang di kembangkan berdasarkan teori yang berkaitan
dengan represi visual, membaca, memproses informasi, dan teori belajar.
Teknologi
cetak memiliki ciri – ciri berikut :
1.
Teks di baca linier,
sedangkan visual di amati berdasarkan ruang ;
Contoh:
meteri yang di jelaskan pada kelompok penyaji
kepada audien sehingga dapat di mengerti dari penjelasan berikut.
2.
Baik teks maupun visual
menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif;
Comtoh :
Seorang guru menjelaska suatu
materi kepada murit secara langsung
3.
Teks dan visual di
tampilkan statis atau diam;
4.
Pengembangan nya sangat
tergantung kepada prinsip – prinsip kebahasaan dan persepsi visual;
5.
Baik teks maupun visual
berorientasi ( berpusat ) pada siswa;
Contoh :
Teks yang digunakan harus
menggunakan bahasa yang baik dan benar
6.
Informasi dapat di atur
kembali atau di tata ulang oleh pemakai.
Contoh penerapan dalam keseharian teknologi cetak
adalah
seprti
buku-buku yang di gunakan oleh seorang guru untuk menjelaskan kepada siswnya. Media cetak ini di gunakan oleh siswa untuk
mencari suatu informasi di dalam buku maupun Koran, majalah dan lainnya karana
media berbasis cetak ini mudah ( sering ) di jumpai dalam kehidupan sehari –
hari dan mudah di dapat kapanpun dan di manapun.
B.
Media
hasil teknologi audio – visual.adalah
cara menghasilkan atau menyampaikan
materi dengan menggunakan mesin – mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan
pesan – pesan audio dan visual. Pengajaran melalui audio - visual jelas bercirikan pemakaian perangkat
keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor film , tape recorder, dan
proyektor visual yang lebar.
Jadi, pengajaran
melalui audio visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya
melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung pada
pemahaman kata atau simbol – simbol yang serupa.
Cirri – cirri utama teknologi media audio – visual
adalah sebagai berikut :
1.
Merka biasanya bersifat
linier:;
2.
Mereka biasanya
menyajikan visual yang dinamis;
3.
Mereka digunakan dengan
cara yang telah di teapkan sebelumnya oleh perancang / pembuatnya;
Contoh
:
Film
yang digunakan televisi itu sebelumnya dirancang oleh sipembuat film tersebut
agar film tersebut dapat berjalan dengan skenario – scenario yang diinginkan.
4.
Mereka merupakan
representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak;
Contoh
:
Gagasan
yang tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan oleh indra perasa seperti
kulit.
5.
Mereka dikembangkan
menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif;
6.
Umumnya mereka
berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah;
Contoh penerapan dalam keseharian teknologi audio -
visual adalah Dengan menggunakan mesin proyektor ketika seorang guru
menjelaskan atau mengajak seorang muridnya supaya tertarik dan dapat mengetahui
sifat – sifat dari murid tersebut dengan mengajak atau menjelaskan video yang
sedih ataupun yang menjelaskan semangat untuk belajar.dari situlah guru dapat
mengetahui dari sifat – sifat muridnya ketika sedang di hadapkan suatu hal-hal.
C.
Media
hasil teknologi berbasis computer adalah
Merupakan cara menghasilkan atau
menyampaikan materi dengan menggunakan sumber – sumber yang berbasis
mikro-prosesor.perbedaan antara media yang di hasilkan oleh teknologi berbasis
computer dengan yang di hasilkan dari dua teknologilainya adalah karena
informasi atau materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk
cetakaan atau visual. Pada
dasarnya teknologi berbasis computer menggunakan layar kaca untuk menyajikan informas kepada siswa. berbagai
jenis aplikasi teknologi berbasis computer dalam pembelajara umumnya dikenal
sebagai pembelajaran dengan bantuan computer. Aplikasi tersebut apabila dapat
dilihat dari cara penyajian meliputi tutorial, permainan dan simulasi dan basis
data
Beberapa ciri media yang dihasilkan teknologi
berbasis computer ( baik perangkat keras maupun perangkat lunak ). Adalah
sebagai berikut :
1.
Mereka dapat digunakan
secara acak, non-sekuensial,atau secara linier;
Contoh:
Data
yang di berikan atau di terangkan tidak berurutan.
2.
Mereka dapat digunakan
berdasarkan keinginan siswa atau berdasarka keinginan perancang / pengembang
sebagaimana direncanakannya;
Contoh:
Dalam
proses belejar pembelajaran geru menjelaskan suatu materi berdasarkan
keinginannya sendiri dengan menggunakan computer.
3.
Biasanya gagasan –
gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata,symbol,dan grafik;
Contoh:
Dengan
menggunakan slide sehingga suatu materi bisa di sajikan dengan symbol – symbol
yang diinginkan.
4.
Prinsip – prinsip ilmu
kognitif untuk mengembangka media ini;
5.
Pembelajaran dapat
berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi.
Contoh penerapan dalam keseharian teknologi berbasis
computer adalah:
Misalkan
seorang guru untuk menyampaikan materi pembelajaran yang banyak maka guru
tersebut dapat membentuk kelompok – kelompok dalam kelas kemudian membagi
setiap materi kepada masing – masing kelompok kemudian kelompok tersebut
menerangkan kepada audien dengan menggunakan computer dengan cara membuat power
poin sehingga dapat menimbulkan efek – efek positif kepada siswa.seperti
semangat untuk memperhatikan suatu materi yang disampaikan .
D.
Media
hasil teknologi gabungan adalah
Cara untuk menghasilkan cara untuk menghasilkan
dan menyampaikan mater yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang
di kendalikana oleh computer.
Paduan beberapa jenis teknologi ini di
anggab teknik yang paling canggih apabila dikendalikan oleh computer yang
memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random acces memory yang besar,
hard disk yang besar, dan monitor yang berevaluasitinggi ditambah dengan
periparel alat – alat tambahan seperti video disc player, perangkat keras
untuk bergabung dalam suatu jaringan, dan
sistem audio.
Beberapa
cirri utama tecnologi berbasis computer adalah sebagai berikut :
1.
Ia dapat digunakan
secara acak, sekuensian, secara linier;
2.
Ia dapat digunakan
sesuai dengan keinginan siswa,bukan saja dengan cara yang direncanakan dan
diinginkan oleh perancangnya;
3.
Gagasan – gagasan
sering disajikan secara realitik dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa
yang relevan dengan siswa, dan dibawah kendali siswa;
4.
Prinsip ilmu kognitif
dan konteruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran;
5.
Pembelajaran ditata dan
terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran di
gunakan;
6.
Bahan – bahan pelajaran
melibatkan banyak interaktivitas siswa;
7.
Bahan – bahan pelajara
memadukan kata dan visual dari berbagai sumber;
Contoh penerapan keseharian teknologi gabungan:
Gabungan
dari beberapa media seperti: media cetak, media audio, dan media computer
seperti buku, film video, dan computer yang ketiga – tiga media tersebut yang
akan digabungkan dalam satu media yaitu computer. Dalam keseharian
khusus untuk mahasiswa akan dibentuk suatu kelompok – kelompok kecil dalam
kelas kemudian kelompok tersebut menjelaskan kepada kelompok – kelompok lain
sehingga kelompok penyaji akan mencari tugas tersebut dan membuat untuk mempresentasikan
didepan kelas. Untuk penyampaian tersebut tidakla
mudah siswatersebut harus mencari materi – materi yang telah di tugaskan guru,
materi tersebut didapat dari berbagai media cetak seperti; buku- buku non
fiksi, internet seperti; download makalah dari google ataupun blog – blog
orang.dan untuk menampilkan nya lebih menarik siswa tersebut mencari berbagai
video yang berkaitan dengan meteri yang disampaikan seperti; bangun ruang
tabung bisa dimasukan video seperti tabung sehingga lebih menarik, setelah
mendapatkan semua media tersebut gigabungkan dalam program computer dan
disampaikan dalam kelas.
Kesimpulan:
Dari
ke empat media berdasarkan perkembangan teknologi tersebut seperti : Media
hasil teknologi cetak, media hasil teknologi audio – visual, media dari hasil
teknologi yang berdasarkan computer, dan media hasil gabungan teknologi cetak
dan computer. Ke empat media ini sangat berkaitan satu sama lain tetapi yang di
anggab media yang paling canggih adalah
media hasil gabungan karena mencakup dari seluruh media – media yang ada.
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad,
Azhar. 2011. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar